Top Ad unit 728 × 90

Cara Membuat Video Tutorial 720x90

Tips Memilih Bisnis Franchise


Dewasa ini, Bisnis Franchise banyak bermunculan, seperti jamur di musim hujan, mulai dari yang murah Rp 2-3 jutaan, sampai dengan yang berkelas yang investasi nya milyaran Rupiah. Ada yang latah bisnis baru saja buka ikut-ikutan di franchise kan. Merek-merek baru pun bermunculan mewarnai industri bisnis ini.

Banyak yang layak disebut bisnis franchise, namun banyak juga yang masih belum layak alias prematur di franchise kan. Oleh karena itulah anda harus selektif untuk memilih bisnis franchise ini.

#1 Pilihlah Franchise yang Harga Franchise Fee dan Investasi Awalnya sesuai dengan dana anda.

#2 Terbukti Menguntungkan, Jangan pilih tawaran dari perusahaan yang belum jelas balik modalnya tapi sudah berani memfranchisekan usahanya.

#3 Lama usaha berdiri minimal 3 s/d 5 tahun.

#4 Memiliki SOP (standart operating procedure) atau Standar Pengoperasian Usaha.

#5 Dukungan apa saja yang diberikan mulai launching sampai usaha berjalan.

#6 Cek dengan benar Simulai Estimasi usaha, berapa omzet, biaya dan profit yang anda dapatkan, apakah realistis untuk dicapai.

#7 Berapa lama ROI Return Of Investmen atau Masa Pengembalian Modal, tambahkan 2 - 6 bulan sebagai masa sosialisasi dan promosi.

#8 Tentukan 3 Alternatif Bisnis Franchise, nanti pilih satu, selidiki dan cek dan ricek kinerja mereka dan track record nya. Bandingkan.

#9 Lihat kelengkapan Aspek Legal nya, apakah merkvnya sudah terdaftar di Dep. Kehakiman dengan jenis HAKI (hak kekayaan intelektual) dan apakah bisnis franchise tersebut sudah memiliki ijin usaha franchise yaitu STPW (surat tanda perusahaan waralaba) sesuai peraturan Pemerintah PP No.42 Tahun 2007 dan PERMENDAG No.31 Tahun 2008.

Demikian tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat bagi para netter semua, kalo ada saran dan tambahan silahkan tinggalkan di comment.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips Memilih Bisnis Franchise"

  1. tips yang bagus bro
    memang bisnis franchise klo hanya melihat penawarannya saja sangat menggiurkan, dengan melihat 9 aspek yang anda sebutkan diatas, diharapkan pemula bisa lebih selektif dalam menilai suatu bisnis yg di franchise kan sebelum membelinya

    ReplyDelete