Top Ad unit 728 × 90

Cara Membuat Video Tutorial 720x90

10 Macam Permodalan Untuk Memulai Bisnis


Salah satu penghambat utama seseorang untuk memulai bisnis adalah permodalan, biasanya ide dan konsep sudah ada, tinggal memerlukan modal. Walau ada modal lain selain uang cash untuk dijadikan modal usaha, tapi modal dalam bentuk uang faktor yang sangat penting dalam memulai bisnis. Bagi anda yang merasa tidak punya modal yang cukup tidak perlu khawatir. Sekarang ini banyak sumber yang bisa digunakan untuk mendapatkan kucuran modal. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

#1 Kredit Modal Kerja dari Bank

Kredit ini bisa anda dapatkan dengan barang Bergerak maupun Tidak Bergerak, misalnya seperti Tanah, Rumah, Bangunan, Alat & Mesin, Mobil, Motor dll. Pihak Bank akan menilai terhadap barang atau asset . Dengan patokan penilaian tersebut Bank akan memberikan angka yang pantas untuk kredit tersebut, biasanya 70% dari nilai aset. Bank juga mempertimbangkan syarat-syarat lainnya, biasanya seperti, KTP suami isrtri, Kartu Keluarga, Track Record pemohon kredit, rekening 3 bulan terakhir, slip gaji (bagi pegawai), laporan keuangan bagi Pengusaha atau Perusahaan.

#2 Kredit Tanpa Jaminan dari Bank

Kredit ini cocok untuk UMKM (usaha mikro kecil dan menengah), banyak sekarang Bank memberikan layanan produk pinjaman tanpa modal untuk UMKM, dan sekarang Pemerintah juga mendukung permodalan untuk UMKM, yang namanya KUR (kredit usaha rakyat) syaratnya mirip dengan jenis pinjaman diatas tapi lebih gampang prosesnya dan minus Jaminan Aset. Bank yang memberikan KUR adalah Bank BRI, Bank BTN dan Bank Pemerintah lainnya.

#3 Menggunakan Kredit Card atau Kartu Kredit dari Bank

Kartu Kredit sekarang gampang didapatkan, karena Salesman dari Bank untuk program Kartu Kredit mengejar target nasabah kartu kredit yang ditetapkan oleh Bank. Syaratnya mirip dengan persaratan jenis kredit diatas minus jaminan, dan hanya di croscek by phone, tidak di survey kerumah.

#4 Pinjaman Dana Tunai dari Lembaga Keuangan Non Bank

Kredit jenis ini sekarang juga banyak dijumpai, bahkan ada yang berani menulis dalam kampanye promosi pemasaran nya "pinjaman dana tunai, proses 1 jam selesai", jaminan yang digunakan adalah Barang Bergerak seperti Mobil dan Motor, syaratnya mirip dengan Bank tapi prosesnya lebih cepat dan mudah. Tapi pertimbangkan Bunganya yang lebih besar dari Bank.

#5 Pinjaman Dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP)

kredit jenis ini lebih gampang lagi ditemui, dan prosesnya sangat mudah, ada yang pakai jaminan ada yang tidak, tergantung besarnya pinjaman, syarat nya mirip dengan di Bank, tetapi pembayaran angsuran nya bermacam-macam, ada yang harian atau setiap hari 1-2 Bulan lunas, ada juga yang mingguan dan bulanan. Kredit ini bunganya lebih besar lagi, biasanya 20-25% dari besarnya Pinjaman.

#6 Pinjaman Dari Koperasi Karyawan (KOPKAR) khusus Pegawai / Karyawan

Untuk anda yang masih Karyawan, biasanya Perusahaan atau Kantor memiliki koperasi, syaratnya cuman tandatangan, bunganya ringan, dan pembayarannya lebih mudah lewat potong gajih.

#7 Pinjaman Dari Orang Tua atau Keluarga

Bagi anda yang tidak memiliki aset untuk dijaminkan ke Bank atau ke Lembaga Pembiayaan lain, anda bisa mencoba meminjam ke Orang tua anda atau saudara anda atau keluarga, presentasikanlah dengan jelas ide, rencana usaha, kebutuhan modal, profitnya, dan cara pengembaliannya. Walaupun orang tua atau keluarga lebih lunak dalam meminjamkan modal, anda harus Profesional dalam melaksanakan bisnisnya dan konsisten dalam pengembalian modalnya, anda pasti tidak ingin tali silaturahmi yang selama ini baik, berubah menjadi tidak baik bahkan putus, karena kecewa anda melalaikan atau tidak mengembalikan pinjaman tersebut sesuai janji anda.

#8 Pinjaman Dari Teman atau Investor

Banyak sekarang orang punya modal tapi tidak terpikirkan Ide untuk berbisnis, termasuk mungkin teman dekat anda, teman sekantor, atau tetangga. Prinsipnya sama dengan bantuan modal dari keluarga, tetapi kalau orang lain biasanya lebih keras, jadi anda harus lebih Profesional dan Rela untuk berbagi hasil dengan mereka. Dan jangan sampai nama baik anda rusak karena masalah pinjaman permodalan tersebut.

#9 Pinjaman Dari Suplayer atau Produsen

Bagi anda yang memiliki tempat usaha yang strategis atau memengang jalur pemasaran, biasanya produsen produk tertentu atau suplayer akan membantu anda dalam permodalan tapi biasanya dalam bentuk konsinyasi barang produk atau mesin produksi, dan dibayar dan bisa juga dicicil selama usaha berjalan. Karena mereka juga harus mengejar omzet penjualannya.

#10 Pinjaman Dari Pembeli

Untuk bisnis tertentu, pembeli yang melihat potensi produksi anda akan memberikan pinjaman dalam bentuk uang cash dan peralatan mesin produksi, demi mengejar omzet yang bisa mereka perdagangkan.

Mungkin ada masukan untuk artikel ini, atau informasi sumber permodalan lain, silahkan isi pada kolom komentar dibawah ini.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "10 Macam Permodalan Untuk Memulai Bisnis"

  1. BISA DIBANTU PENJELASAN TENTANG Kredit Tanpa Jaminan dari Bank.......PENGEN NGEMBANGIN USAHA TAPI BINGUNG DANA......

    ReplyDelete
  2. Kredit tanpa jaminan ada program pemerintah yg namanya KUR (Kredit Usaha Rakyar) katanya sih semua Bank Pemerintah, tapi cuman BRI yang konsisten, cuman nilainya kecil sekali, maksimal 10 Jt utk di pulau jawa, dan 5 jt di luar jawa. Klo mau bisa di Bank Danamon sampai dengan 100 Jt tanpa jaminan tapi bunga lebih besar dan usaha sdh berjalan 2 tahun.

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum wrb,saya Sri Hartati asal Solo
    ,,KEHIDUPAN NYATA SAYA,,
    niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya,awalnya saya seorang pengusaha yang bisa dibilang Ekspor/impor barang,tapi di balik semua itu banyak yang tidak suka kalau saya sukses, sehingga bisnis saya bangkrut dan mempunyai utang dimana2. saya sempat stres memikirkan semuanya, saya punya anak dua dan mash kecil2,saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa,sehingga saya sempat mau mengakhiri hidup,tapi setiap saya melihat anak saya semua putus asa saya hilang. Dan tanpa disengaja ada seseorang memberi saya saran dia menyarangkan saya untuk menghubungi K.h.Habib Idrus.beliau membantu dan memberikan saran yang tidak bertentangan dari syariat ajaran agama,awalnya sih saya ragu tapi krn beliau adalah pimpinan pondok pesantren SUPRANATURAL AL-KHAIRAT Sehingga sy percaya dan beranikan diri mencoba saran/petunjuk dari beliau .syukur Alhamdulillah dengan saran beliau saya sekarang memulai usaha kembali dan saya bisa biayai sekolah anak bahkan bisa mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga.terimah kasih ya Allah krn engkau telah memberikan mujizat bagi keluarga sy melalui perantara bantuan K.h Habib Idrus Sehingga bisa membangun usaha sy kembali.ini adalah pengalaman dan kisah nyata pribadi saya. Untuk Info dan Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< khusus bagi teman2 yang sempat baca dan punya masalah utang piutan, ekonomi atau kesulitan cari modal usaha. Semoga dengan ini bsa membantu dan mengatasi masalan anda semua, Anda tak usah ragu ataupun tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..ya rabbal alamin...

    ReplyDelete

  4. Assamualaikum
    ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM memberikan pinjaman kepada mereka yang memiliki kebutuhan untuk memiliki bisnis sendiri atau Anda mencari dana untuk perluasan bisnis Anda, Anda memerlukan pinjaman untuk pembayaran hutang, Anda memerlukan pinjaman untuk pendanaan proyek dan Anda telah menjadi ditolak oleh Bank atau kebijakan ketat dari perusahaan pinjaman lain telah membuat Anda enggan. Anda tidak perlu repot lagi karena pinjaman kami memiliki kebijakan yang dapat mengakomodasi keluhan finansial Anda dengan pinjaman kami sehingga Anda dapat menikmati hal-hal berikut.
    1) APR yang lebih rendah
    2) Tidak agunan
    3) Less papper work
    4) Klien sejarah kredit yang buruk juga diterima
    5) Sekalipun Anda bangkrut, Anda dapat meminjamkan pinjaman dengan syarat Anda dapat memberi kami bukti nyata tentang pendapatan stabil atau bisnis yang menghubungi kami hari ini melalui alamat kontak e-mail: {iskandalestari.kreditpersatuan @ gmail.com} BBM INVITE: {D8980E0B}

    ReplyDelete
  5. ini kisah nyata saya . . . .
    perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.
    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud
    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    ReplyDelete