Top Ad unit 728 × 90

Cara Membuat Video Tutorial 720x90

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Faktor Yang Mempengaruhinya ? sebelumnya kita ketahui dulu Pengertian Kinerja : Kinerja seorang karyawan merupakan hal yang bersifat individual, karena setiap karyawan mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda - beda dalam mengerjakan tugasnya. Pihak dari manajemen dapat mengukur karyawan atas pekerjaannya berdasarkan kinerja dari masing - masing karyawan. Kinerja adalah sebuah aksi, bukan kejadian. Aksi kinerja itu sendiri terdiri dari banyak komponen dan bukan merupakan hasil yang dapat dilihat pada saat itu juga. Pada dasarnya kinerja merupakan sesuatu hal yang bersifat individual, karena setiap karyawan memiliki tingkat kemampuan yang berbeda dalam mengerjakan tugasnya. Kinerja tergantung pada kombinasi antara kemampuan, usaha, dan kesempatan yang diperoleh. Hal ini berarti bahwa kinerja merupakan hasil kerja karyawan dalam bekerja untuk periode waktu tertentu dan penekanannya pada hasil kerja yang diselesaikan karyawan dalam periode waktu tertentu. (Timpe, 1993, p. 3).
Performance is defined as the record of outcomes produced on a specified job function or activity during a specified time period. Performance on the job as a whole would be equal to the sum (or average) of performace on the critical or essential job functions. The functions have to do with the work which is performed and not with the characteristic of the person performing. (Williams, 1998, p. 75).

Berdasarkan keterangan tersebut di atas dapat pula diartikan bahwa kinerja adalah sebagai seluruh hasil yang diproduksi pada fungsi pekerjaan atau aktivitas khusus selama periode khusus. Kinerja keseluruhan pada pekerjaan adalah sama dengan jumlah atau rata - rata kinerja pada fungsi pekerjaan yang penting. Fungsi yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut akan dilakukan dan tidak dilakukan dengan karakteristik kinerja individu. Pendapat di atas didukung oleh pernyataan dari Sunarto (2003), yaitu :
Kinerja yang tinggi dapat tercapai oleh karena kepercayaan (trust) timbal balik yang tinggi di antara anggota - anggotanya artinya para anggota mempercayai integritas, karakteristik, dan kemampuan setiap anggota lain. Untuk mencapai kinerja yang tinggi memerlukan waktu lama untuk membangunnya, memerlukan kepercayaan, dan menuntut perhatian yang seksama dari pihak manajemen.

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kinerja
Menurut Timpe (1993) faktor - faktor yang mempengaruhi kinerja, yaitu (p.33) :
1. Kinerja baik dipengaruhi oleh dua faktor :
    a. Internal (pribadi)
        -Kemampuan tinggi
        -Kerja keras
    b. Eksternal (lingkungan)
        -Pekerjaan mudah
        -Nasib baik
        -Bantuan dari rekan - rekan
        -Pemimpin yang baik

2. Kinerja jelek dipengaruhi dua faktor :
    a. Internal (pribadi)
       -Kemampuan rendah
       -Upaya sedikit
    b. Eksternal (lingkungan)
       -Pekerjaan sulit
       -Nasib buruk
       -Rekan - rekan kerja tidak produktif
       -Pemimpin yang tidak simpatik

Cara - Cara untuk Meningkatkan Kinerja
Berdasarkan pernyataan menurut Timpe (1993) cara - cara untuk meningkatkan kinerja, antara lain (p. 37) :
1. Diagnosis
Suatu diagnosis yang berguna dapat dilakukan secara informal oleh setiap individu yang tertarik untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengevaluasi dan memperbaiki kinerja. Teknik - tekniknya : refleksi, mengobservasi kinerja, mendengarkan komentar - komentar orang lain tentang mengapa segala sesuatu terjadi, mengevaluasi kembali dasar - dasar keputusan masa lalu, dan mencatat atau menyimpan catatan harian kerja yang dapat membantu memperluas pencarian manajer penyebab - penyebab kinerja.
2. Pelatihan
Setelah gaya atribusional dikenali dan dipahami, pelatihan dapat membantu manajemen bahwa pengetahuan ini digunakan dengan tepat.
3. Tindakan
Tidak ada program dan pelatihan yang dapat mencapai hasil sepenuhnya tanpa dorongan untuk menggunakannya. Analisa atribusi kausal harus dilakukan secara rutin sebagai bagian dari tahap - tahap penilaian kinerja formal.

Apakah anda sudah Meningkatkan Kinerja Karyawan Anda ?

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Faktor Yang Mempengaruhinya"

  1. hhmmm, goods article, kami tunggu tulisan berikutnya bang!!!

    ReplyDelete
  2. @Giana P
    tks, InsyaAllah sebisa mungkin sy akan terus mempublish artikel. Tnx yaa

    ReplyDelete
  3. It's a pity you don't have a donate button! I'd certainly donate to this fantastic blog! I suppose for now i'll settle
    for bookmarking and adding your RSS feed to my Google account.
    I look forward to brand new updates and will talk about this blog with my Facebook group.

    Talk soon!
    Visit my web blog : adsense alternatives

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas sharingnya, pelatihan karyawan dan pengembangan karyawan juga sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi dalam meningkatkan kinerja kerja

    ReplyDelete