Top Ad unit 728 × 90

Cara Membuat Video Tutorial 720x90

Produk Unggulan Ekspor Indonesia

Profil ekspor Indonesia telah berubah tidak lagi didominasi oleh 10 komoditi utama ekspor namun sudah mulai terdiversifikasi.

Komoditas yang memiliki prospek ekspor tinggi antara lain ; tekstil dan produk tekstil (TPT), alas kaki, otomotif,kertas,kelapa sawit (CPO),kakao olahan dan biji kakao,Kopi,karet dan produk karet.

Hingga kini produk ekspor Indonesia paling banyak dijual ke Jepang.

Sementara data BPS menunjukan ekspor non migas Indonesia ke Jepang Maret mencapai angka terbesar yaitu 1,53 miliar Dolar AS disusul Amerika Serikat dan China

Sayangnya, produk industri yang diekspor masih didominasi oleh barang mentah atau barang setengah jadi. Nilai ekspor tertinggi terdapat di komoditas kelapa sawit dengan nilai US$ 17,5 miliar , lalu disusul produk tekstil senilai US$ 11 miliar. Produk dengan nilai terbesar ketiga adalah olahan karet dengan nilai US$ 9,5 miliar.

“Dulu profil ekspor nonmigas kita terdiri dari 60 persen 10 komoditi utama, sekarang porsinya turun menjadi 35 persen,”

Semakin banyak komoditi potensial yang semakin kompetitif di pasar global seperti makanan olahan, perhiasan, ikan dan produk ikan, kerajinan dan rempah-rempah, kulit dan produk kulit, peralatan medis, minyak atsiri, peralatan kantor dan tanaman obat. “Tapi produknya masih tradisional, belum benar-benar diolah,”

Diversifikasi tujuan ekspor juga sudah terjadi dengan berkurangnya porsi ekspor ke negara tujua utama seperti Amerika Serikat, Jepang dan Uni Eropa dari sekitar 50 persen menjadi 30 persen. “Sekarang ekspor kita lebih banyak ditujukan ke Asia dan negara-negara berkembang lainnya, porsinya sekitar 45 persen,”

Sumber: BPS 2011

Bagi teman-teman yang ingin memulai Bisnis Ekspor, Klik link di bawah ini :

Panduan dan Tutorial Ekspor Mudah

Dan cari Supplier Komoditi Ekspor, Klik Link Di Bawah ini :

Aplikasi Database Supplier dan Pengrajin Produk Lokal Se Indonesia

Semoga bermanfaat.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Produk Unggulan Ekspor Indonesia"

Post a Comment