Top Ad unit 728 × 90

Cara Membuat Video Tutorial 720x90

Peluang Ekspor Bisnis Arang Batok Kelapa

Fungsi dan kegunaan dari arang batok kelapa yang marak dicari dan diperjual belikan yang bahkan marketnya sampai pasar luar negeri, Meskipun ini limbah, tapi hasil arang dan cairan asap atau liquid smoke-nya berpeluang diekspor ke China dan Amerika, Siapa sangka tempurung kelapa yang yang sudah diolah menjadi briket menembus pasar ekspor. Tentu saja keuntungan dari bisnis briket tempurung kelapa ini bukan nilai yang kecil. Briket tempurung kelapa ini banyak dipilih sebagai bahan bakar karena memiliki energi 7.340 kalori sehingga menghasilkan panas lebih tinggi dibandingkan dengan briket arang kayu biasa. Selain itu ada kegunaan lain yang biasa memanfaatkan briket tempurung kelapa ini misalnya shisa.

Pasar Briket tempurung kelapa ini kebanyakan malah untuk ekspor dengan prosentase 80 persen sedangkan sisanya 20 persen untuk pasar dalam negeri. Beberapa negara tujuan eksport briket tempurung kelapa antara lain negara-negara timur tengah, Jepang, Australia dan lain-lain.
Mereka menggunakan arang batok untuk pembuatan Carbon aktif pada water treatment plant dan Sumber Carbon untuk berbagai macam industri Coconut Shell Charcoal

Ke Amerika Dari Bisnis Arang Batok Kelapa

Keuntungan bisnis briket tempurung kelapa ini tergolong lumayan besar. Novi Setiawan,salah satu pelaku bisnis briket tempurung kelapa dari Bantul Yogyakarta,ini bisa mengantongi omzet Rp 97 juta per bulan. Adapun Fahni dari Gresik meraup omzet Rp 80 juta sampai Rp 100 juta per bulan.

Muhammad Fahni di Gresik, Jawa Timur juga melihat peluang di bisnis ini. Sejak tahun 2006 dia memproduksi briket tempurung kelapa.

Fahni juga menjual sebagian briketnya ke pasar luar negeri. "Sebanyak 80% ekspor, 20% untuk pasar lokal," ujarnya. Negara-negara tujuan ekspor Fahni, antara lain Jepang dan Australia. Ia menambahkan, ekspor briket ke Jepang turun sekitar 30% akibat bencana alam gempa dan tsunami

Profile sukses lain juga Siapa sangka arang batok kelapa bisa mengantarkan Lusi Efriani menjadi pengusaha profesional sukses yang hingga diundang ke Washington DC untuk sekadar bicara tentang arang batok? Sebab, mungkin sebagian besar kita tak pernah berpikir optimis terhadap sebuah arang batok sebagai potensi bisnis yang menggiurkan. Kalaupun ada yang menjalani bisnis tersebut, mungkin itu dijalani secara tak profesional dan dilakukan oleh seseorang yang merasa sudah tak ada lagi peluang bisnis yang menjanjikan.

Namun, semua asumsi itu tak pernah ada di benak seorang bernama Lusi Efriani. Sejak awal, ia melihat potensi bisnis menggiurkan di balik arang batok kelapa. Karenanya, sejak awal ia menggeluti bisnis arang batok secara profesional. Dan hasilnya, kini dia telah dikenal luas, baik di dalam atau pun luar negeri, sebagai pengusaha sukses arang batok. Bukan hanya itu, kini ia juga telah sukses memberdayakan masyarakat pesisir di Batam mengolah arang batok kelapa menjadi produk bisnis bernilai tinggi.

Kesuksesan Lusi itu juga membuat Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengundangnya ke Washington DC untuk berbagai pengalaman ‘unik’-nya itu dalam berbisnis dalam program International Visitor Leadership Program. Kemarin, Selasa (8/11), Lusi baru mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, sepulangnya dari Washington DC.

Lusi berharap para pengusaha dan profesional muda Indonesia memiliki kejelian dalam melihat peluang bisnis yang ada di negeri ini. Sehingga, dari hal-hal yang seolah kecil dan tak diperhitungkan seperti arang batok kelapa, mereka bisa membangun perusahaan bisnis yang bukan hanya mapan dan menjanjikan, tapi berbasis memberdayakan masyarakat luas. Pemerintah juga diharapkan dapat berperan aktif dalam mendorong dan memfasilitasi pengusaha dan profesional muda seperti Lusi tersebut.

Untuk membuat briket tempurung kelapa yang laku di pasaran eksport memang memiliki persyaratan yang cukup ketat. Salah satunya adalah bahan baku briket yaitu tempurung kelapa benar-benar bebas dari serat kulit kelapa, jika masih ada serat kulit kelapa arang batok tidak bisa terbakar sempurna.

Arang batok kelapa terbuat dari batok kelapa yang di bakar dengan cara oven dan dengan cara pembakaran. Pembuatan arang batok kelapa tersebut banyak dilakukan dengan cara konvensional
yaitu dengan cara pembakaran secara tradisional.


Aplikasi Gas Treatment

1. Solvent Recovery, untuk merecover organic content dalam rangka optimisasi ekonomi proses dan mengontrol emisi gas buang. Aplikasi penggunaan: Acetate fibres (acetone), pharmaceuticals (methylene chloride), film coating and printing (ethly acetate), magnetic tape (MEK).

2. Karbondioksida, digunakan untuk pemurnian CO2 hasil fermentasi. Aplikasi penggunaan: Adsorption alkohol, amines dan mercaptans.

3. Industrial respirators, digunakan untuk adsorpsi kandungan organic.

4. Pembuangan Limbah Gas, Disposal of domestic, chemical dan klinical waste by high temperature incineration. Aplikasi Penggunaan: penghilangan logam berat dan dioksin dari gas buang.

5. Rokok, digunakan sebagai filter. Aplikasi Penggunaan: Untuk mengekstrak elemen berbahaya dari asap rokok serta cita rasa.

6. AC, Heating ventilation and air conditioning (HEVAC), diaplikasikan di airport, kantor, mall dll. Aplikasi Penggunaan: Menghilangkanbau serta menyerap gas berbahaya.


7. Composite fibres, Impregnation dari aktivated carbon powder dalam foam/fibre/non-woven substance. Aplikasi Penggunaan: Pengolahan udara, masker, sepatu untuk mengurangi bau serta pengolahan air.

8. Fridge de-oderisers, in situ Filter Unit. Aplikasi Penggunaan: Menghilangkan bau busuk makanan, biasa digunakan dalam truk-truk pengangkutan makanan.

Aplikasi Liquid Treatment

1.. Potable water treatment, Granular activated carbons (GAC) diinstall dalam unit filter Aplikasi Penggunaan: Menghilangkan kontaminan organik terlarut, menjaga rasa dan bau.

2.. Soft Drink, Potable Water treatment dengan sterilisasi klorine. Aplikasi Penggunaan: Menghilangkan klorine, dan adsorbsi kontaminan organik

3.. Bir, Potable Water Treatment Aplikasi Penggunaan: Menghilangkan Trihalomethanes dan Phenolic

4.. Semi Konduktor, Ultra High Pemurnian air Aplikasi Penggunaan: Mengurangi total organic carbon (TOC)

5.. Gold Recovery, operasi dari Carbon in Leach (CIL), Carbon in Pulp (CIP) dan Heap Leach Circuit. Aplikasi Penggunaan: Recovery gold dari “tailing” terlarut dalam Sodium Sianida


6.. Petrokimia, Recycle dari steam kondensat untuk BFW. Aplikasi Penggunaan: Menghilangkan kontaminan oil dan hydrokarbon.



7.. Air Tanah, kontaminasi dari industri. Aplikasi Penggunaan: Mengurangi Total Organic Halogen (TOX) dan menyerap Adsorbable Organic Halogen (AOX)


8.. Pengolahan Limbah Air, untuk mencapai standar lingkungan. Aplikasi Penggunaan: Mengurangi TOX, BOD, dan COD.

9.. Kolam Renang, yang melibatkan injeksi Ozone untuk menghilangkan kontaminan organik. Aplikasi Penggunaan: Menghilangkan sisa Ozone dan mengontrol level kloramine.

Cara membuat Arang Batok Kelapa

1. Pembakaran dengan menggunakan Lobang dan Dapur Pengarangan Pembakaran dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut ini.

1) Lobang atu dapur pengarangan diisi dengan tempurung setinggi 30 cm, kemudian dibakar. Bila lapisan tempurung ini mulai terbakar, ke atas lapisan yang sedang terbakar dimasukkan lagi tempurung baru sebanyak lapisan sebelumnya. Hal ini dilakukan terus sampai ruangan terisi penuh. Setelah itu, lobang atau dapur pembakaran ditutup dengan rapat. Jika menggunakan lobang pembakaran, ke atas penutup dapat ditambahkan tanah sehingga penutupan menjadi lebih rapat.

2) Ke bagian tengah lobang atau dapur pengarangan diletakkan secara tegak lurus balo kayu atau bambu (diameter 15-20 cm), kemudian diisikan tempurung sampai penuh. Setelah itu, balok kayu atau bambu dicabut secara pelan-pelan dan hati-hati sehingga pada bagian tengah lobang atau dapur pengarangan terbentuk lobang kecil. Ke dasar lobang kecil ini dimasukkan sabut atau daun yang telah dibasahi dengan minyak tanah, kemudian dibakar. Tempurung akan terbakar dari dasar, kemudian akan merambat ke atas. Segera setelah semua tempurung terbakar, lobang atau dapur pengarangan ditutup dengan rapat. Untuk mengeluarkan asap, 2 kali sehari tutup di buka. Proses pengarangan ini berlangsung 5-7 hari.


2.Pembakaran dengan Menggunakan Kiln

1) Kiln diisi dengan tempurung sepadat dan serapat mungkin. Kiln yang dibuat dari drum bekas dapat diisi 90 kg tempurung.

2) Lobang udara baris pertama dan kedua dari atas ditutup. Setelah itu, ke dalam dasar ruang "kassa api pertama" dimasukkan bahan-bahan mudah terbakar, seperti daun kering dan sabut yang telah dibasahi dengan minyak tanah, dan dibakar. Kemudian kiln ditutup.


3) Segera setelah tempurung pada dasar kiln terbakar, dan api mulai merambat ke bagian atas lobang ketiga yang terbuka, lobang ketiga tersebut ditutup rapat. Sementara itu, lobang baris kedua dibuka. Demikian seterusnya sampai ke lobang baris pertama (paling atas).


4) Selama pembakaran, volume arang akan berkurang, karena itu tempurung dapat ditambahkan untuk memenuhi volume ruang pengarangan.


3. Pemilahan dan Pengemasan

Setelah selesai dibakar, arang dibakar. Arang yang belum terbakar sempurna dibakar kembali. Arang yang telah terbakar sempurna diayak dengan anyaman kawat (besar lobang 0,6-1,0 cm) untuk memisahkan tanah, debu dan kerikil. Sebelum dikemas, arang dibiarkan pada udara terbuka selama 12-15 hari. Setelah itu, arang dikemas di dalam kantung plastik, atau karung goni.

Demikian artikel Peluang Ekspor Bisnis Arang Batok Kelapa kami share untuk menjadi reffernsi teman-teman dalam mencari Ide Bisnis.

Untuk mencari Supplier dan Produsen Arang Batok Kelapa Terdekat, Klik Link Di Bawah ini :

Aplikasi Database Supplier dan Pengrajin Produk Lokal Se Indonesia

Serta untuk Panduan Memulai Ekspor, Klik Link Di Bawah Ini :

Panduan dan Tutorial Ekspor Mudah

Semoga Bermanfaat ........ :)  

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Peluang Ekspor Bisnis Arang Batok Kelapa"

  1. mau cerita sedikit pengalaman yang tak pernah bisa aq lupakan sama suamiku waktu di Singapura, aq salah satu Tki tak punya kerja tetap di sana . tapi aq sudah ber rumah tangga sama orang medan, syukur udah punya anak 2. aq selalu berusaha cari jalan untuk masalah ekonomi keluarga, kebetulan suamiku buka internet temukan atas nama Mbah Suro dengan nomor Whatsapp nya +6282354640471 di halaman facebook. awalnya aq sangat takut, penasaran dan takut berdosa sama yang kuasa. tapi apa boleh buat nasi sudah jadi bubur, aq cerita sama beliau dan dia berikan saran, untuk keluar dari himpitan ekonomi melalui Pesugihan Dana Ghaib ini. aq mulai percaya 3 hari aq tunggu hasilnya sama suamiku betul-betul nyata, berkat pesugihan Mbah Suro aq sekarang sudah ada perubahan buka usaha di kampung . dan mbah juga bantu orang seperti togel 3D/4D/5D/6D, pelet, penglaris Usaha, dll

    ReplyDelete
  2. Bandar s128 atau S1288 Adalah sebuah produk Judi Taruhan Sabung Ayam Pisau atau dikenal dengan nama Sabong,Tajen dan Massaung Manuk yang dimainkan secara online. Cara bermainnya mudah, tinggal pilih ayam mana yang anda ingin pasang kemudian klik bet, selanjutnya tinggal menonton pertandingannya.

    Pertandingan Sabung ayam yang dipertaruhkan disitus ini rata-rata menggunakan taji yaitu sebilah pisau tajam yang sudah dibuat sedemikian rupa agar memperseru dan mempercepat pertandingan. Ini merupakan cirikhas dari Sabong yang berasal dari Filipina, hal ini karena tentunya arena pertandingan yang ditampilkan memang berasal dari sana.

    » Judi Online Via Ovo
    » Judi Online Via Gopay
    » Judi Online Via Pulsa
    » Judi Online Via Linkaja

    ★ Bonus 10% Deposit Pertama !
    ★ Bonus Cashback Mingguan s/d 10%
    ★ Bonus referral 7% + 2%
    ★ Bonus 100% (bila anda 8x menang secara beruntun)

    Link Pendaftaran : http://159.89.197.59/register/
    Link Layanan Live Chat (24 Jam Online) : https://bit.ly/2VD8fER
    Link Layanan Whatsapp (24 Jam Online) : https://bit.ly/31SZvwy

    Download Aplikasi Sabung Ayam S128
    https://medium.com/@bolavita69/gratis-download-aplikasi-sabung-ayam-s128-apk-s128-linkaja88-c46257d86279

    Langkah Membuat Ayam Jadi Ganas
    http://pemainayam.over-blog.com/2019/10/langkah-membuat-ayam-jadi-ganas.html

    ReplyDelete
  3. deskripsi perusahaan : cv.arya putra mandiri adalah perusahaan swasta/perorangan yang bergerak dibidang packing material industry berdiri sejak tahun 1998 dan berkembang pesat sampai saat ini dengan kualitas terjamin dan bermutu kami sudah dipercayai dengan beberapa perusahaan di indonesia yang memerlukan packing menggunakan jumbo bag seperti pabrik: arang sawit, pasir, pasir besi, limbah, plastic recyle, pasir silica, soda ash, sodium, gula, tepung, dan lainya dengan ditambah legalitas company profil kami yang lengkap dan resmi, untuk anda yang ingin membutuhkanya bisa langsung hubungi contact kami dan alangkah lebih baik nya jika cocok dengan product jumbo bag ini kita bertemu langsung di gudang kami, dan jangan khawatir jika anda yang berada diluar pulau karena kami sudah berpengalaman pengiriman antar pulau seperti: kalimantan, batam, pekanbaru, jambi, pontianat, tarakan, makasar, palu, NTB, NTT, papua, dan lainya.
    product jumbo bag (bekas) : bekas biji plastic, pet resin, sodium sulfate, soda ash, soda dense, gula rafinasi, ex tapioca, ex melamine, ex semen sudah cuci, ex kapur sudah cuci dan lainya yang tidak akan terkontaminasi dengan bahan yang disi kedalam jumbo bag tsb.
    size jumbo bag: 1000kg: 90 90 100, 90 90 105-130, 100 100 100-120.
    500kg: 90 90 60, 90 90 70, 90 90 65, 85 85 60, 85 85 70.
    2000kg: 90 90 200, 100 100 180
    ~ KEPUASAN KONSUMEN ADALAH NOMOR 1 BAGI KAMI DENGAN MENYEDIAKAN BARANG YANG BERKUALITAS :)

    Cv.Arya putra mandiri
    untuk lebih jelasnya Hubungi kami Bpk.Fikri Efrido
    Contac person :
    Tlp/wa : 082118294180
    Tlp : 081278692200

    ReplyDelete
  4. Kpd Yth
    Purchasing/ Bag Export/Import
    Di Tempat
    Selamat siang
    Perkenankan saya TOMMY � dari PT.KARISMA SEJAHTERA LOGISTIK� yang bergerak dibidang� Freight Forwarders, Air & Sea Cargo Service/Jasa Customs Clearance Port Tanjung Priok Jakarta, Bandara Soekarno-Hatta, Port Lampung, Port Tanjung Emas Semarang maupun Port Tanjung Perak-Surabaya Import bermaksud ingin menawarkan kerjasama dalam hal proses pengiriman barang Import atau pun Export dan kami juga mempunyai agent di seluruh dunia untuk mendukung process pengiriman cargo guna mempelancar proses barang customer Exim

    " We Serve With Heart"
    Whatsaap: 081310849918
    Email:Tommy.transcal@gmail.com

    ReplyDelete